Sejarah Kuliner Memek, Makanan Unik Khas Aceh yang Wajib Dicoba

Namun, yang pasti, penamaan tolpit alias ‘kontol kejepit’ sudah ada sejak lama dan karena proses pembuatannya yang menggunakan teknik penjepitan. Aku memasukkan nanas yang sudah dikupas ke lemari es, kemudian menarik tangannya untuk duduk di sofa. Kepala kontolnya ku raih, ku belai dan sebelum penuh ngacengnya langsung aku kulum kontolnya. Keunikan cara penyajian dan cita rasa autentiknya menjadikan Memek sebagai hidangan yang menggoda lidah dan membangkitkan nostalgia sejarah.

Memek mempunyai tekstur seperti bubur dengan rasa manis. 4. Bubur ini bisa dihidangkan selagi hangat atau bisa juga menggunakan es batu. Ia juga tampak berdiri di depan spanduk kuning bertuliskan kata ‘memek’ yang terpampang cukup besar. Huruf ‘E’ pada kue memek sendiri dibaca seperti kata ‘gemar’. Pati sendiri adalah jenis karbohidrat yang akan diserap lebih lama dalam saluran pencernaan. Terdapat dua jenis memek, yaitu “memek basah” dan “memek kering”. Tiba tiba, serangan cepat bibirnya melumat bibirku kuat dan diteruskan ke leher serta tangannya meremas-remas toketku lebih kuat.

Dan tangan satunya mulai turun dan memainkan puserku, terasa geli tapi nikmat, napsuku makin berkobar karena elusan tangannya. “Ya Bud, kontol Budi nikmat, besar , panjang dan keras banget” jawabku jujur. Dan akhirnya sampailah ke memekku. Ohh, benar benar kurasakan penuh dan sesak liang memekku dimasuki kontolnya. Kedua bahan utama tersebut dicampur dengan santan yang sudah dipanaskan, gula dan garam.

3. Siapkan baskom besar, masukkan tepung beras buatan sendiri tadi, lalu uleni bersama juruh yang sudah dingin tadi sampai kalis dan bisa dibentuk. Nama asli memek sendiri ialah mamemek yang artinya mengunyah atau menggit. Setelah Jepang pergi dari Simeulue, nama mamemek berubah menjadi memek karena cara pengolahannya telah diganti. Makanan ini ternyata telah eksis sejak zaman dahulu atau zaman kerajaan. Makanan ini sudah eksis sejak zaman kerajaan.

4. Bulatkan adonan yang sudah diistirahatkan tadi sesuai selera. Adonan dituang ke dalam penggorengan dengan minyak panas lalu langsung dijepit dengan teknik tersebut. 3. Selanjutnya, panaskan kompor dengan api sedang. Kamu bisa mengatur kekentalannya dengan menambahkan santan kembali. Kini kamu tak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta untuk membeli kue tolpit ini. Indonesia adalah ragam bahasa daerah, maka tak heran jika arti suatu kata akan berbeda di setiap kontinennya.

Bagaimana tidak, bahasa Indonesia, memek memiliki arti vagina, namun merujuk sebagai kata kasar. Wajar saja, mengingat sebuah kata bisa memiliki arti berbeda tergantung daerahnya. INDONESIA memang meimliki suku dan kebudayaan yang beragam, hal ini juga lah yang kemudian membuat Indonesia memiliki beragam kuliner. Budi juga hebat. Bisa membuat aku nyampe beberapa kali, dan baru kali ini aku bisa nyampe dan merasakan kontol raksasa. Aku dibaringkan di ranjang dan dia mulai membuka bajunya, kemudian celananya. Dia memelukku sangat erat hingga dadanya menekan toketku.

Diketahui bahwa kue memek yang memakai bahan dasar pisang ini sangat baik untuk saluran pencernaan tubuh. Terasa sangat mengganjal sekali rasanya, besar, keras dan panjang. Beras tersebut dikunyah mentah-mentah dengan buah pisang, dan kunyahan tersebut menghasilkan suara gemeretak yang disebut mamemek. Nama memek berasal dari ‘mamemek’ yang berarti mengunyah-ngunyah atau menggigit. Bahan dasar pembuatan kue memek berasal dari beras ketan putih yang digongseng, pisang, santan dan gula. Makanan ini mirip bubur dan terbuat dari beras ketan dan pisang.

Makanan ini dibuat dengan menggongseng atau menyangrai beras ketan. Makanan ini bisa membantu untuk meningkatkan sistem pencernaan. Integra Kreasitama Solusindo, Rancang Bangun Sistem Informasi Pengaduan Layanan Gangguan Internet Berbasis Web Pada Pelanggan PT. Makanan ini diciptakan pada masa pendudukan Jepang, ketika warga berupaya menyembunyikan beras mereka agar tidak disita oleh pasukan pendudukan. Santan, garam, dan gula juga ditambahkan untuk memberikan sentuhan lembut dan manis pada makanan ini. Tidak jarang, kue ini juga cukup sering muncul di festival makanan atau acara besar.

By admin